8.07.2007

Tips Apabila Aplikasi Gmail Error

Beberapa minggu yang lalu pada suatu malam yang sepi, dengan tiba-tiba…(kayak cerita horor saja ya) aplikasi gmail yang terinstal di ponsel saya tiba-tiba tidak bisa login. Padahal beberapa menit sebelumnya masih bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Dan beberapa hari kemudian gprs Mentari juga error. Hampir seharian tidak bisa nyambung.

Saat gprs Mentari mulai lancar kembali, aplikasi Gmail tetep ngambek. Setiap kali login ada tulisan bahwa membutuhkan koneksi data. Kemudian saya coba install ulang aplikasi Gmail. Hasilnya tidak menggembirakan. Sertifikat diinstal ulangpun hasilnya tetap saja nihil. Dilain hari saya mencoba berkirim email dengan pop3 gmail,ternyata bisa sukses terkirim. Artinya tidak ada masalah dengan sertifikatnya.

Dalam tanya jawab di google help, saya membaca bahwa dengan mengubah setting bahasa ke Bhs Inggris (US) maka bisa mengatasi masalah. Tapi setelah dicoba tetap saja tanpa hasil. Disitu jg disebutkan bahwa jika tidak berhasil maka kemungkinan berkaitan dng apn,proxy dan sejenisnya. Akhirnya karena selalu error maka untuk mengecek email saya coba menggunakan Flurry, Movamail, dan yang terakhir pakai push email Morange.

Tadi malam, sewaktu saya mencoba login diaplikasi Gmail (yang hampir terlupakan karena error terus)ternyata … mak nyuus (soalnya sambil makan hehe) login bisa masuk. Hehe kok bisa ya, padahal settingannya juga tidak saya rubah2 lagi semenjak error. Sehingga kemungkinan yang besar yang bermasalah adalah di servernya Gmail atau di gprsnya Mentari. (yang mana ya???)

Jadi ringkas cerita seperti ini,
Apabila gmail yang diinstal tidak bisa login.
1.Coba instal sertifikat Gmail,
2.Apabila tidak berhasil coba ubah setingan Gmail ke Bahasa Inggris-US melalui web di www.gmail.com (tp nggak tahu juga ini sebenarnya ngefek atau tidak, tapi tidak ada salahnya dicoba)
3.Dan terakhir apabila tetap tidak bisa, sabarlah menunggu. Karena kemungkinan yang error adalah dari gprs operator Anda atau server Gmail.

Saat ini aplikasi gmail diponsel saya sudah bisa berjalan kembali dengan lancar. Semoga aja tidak error lagi.

No comments: