8.07.2007

Opera

Opera kembali meluncurkan sebuah program ponsel berbasis java yang bertajuk Opera Mini 4 Beta atau disebut juga dengan ‘Dimension’. Meski masih beta dan tampilannya hampir sama, tetapi mempunyai kemampuan yang lebih baik daripada pendahulunya yaitu Opera Mini 3.1. Fitur yang paling menonjol dari “Dimension” ini adalah bisa membuka halaman web seperti pada browser. Bahkan dilengkapi juga dengan virtual mouse yang dapat Anda gerak-gerakkan menyerupai mouse di PC.

Berikut ini adalah 10 alasan untuk mencintai Opera Mini 4 Beta seperti yang dituangkan diwebsite OperaMini.
Kurang lebihnya seperti ini:
1. Bisa menjelajah web seperti layaknya menggunakan browser.
2. Saat membuka halaman web, Opera Mini akan atomatis memberikan petunjuk tempat memulai membaca. Kemudian apabila Anda ingin membaca bagian itu, tinggal klik maka bagian tersebut akan dizoom.
3. Opera Mini secara dinamis akan mengubah ukuran text dan gambar sehingga nyaman untuk dibaca.
4. Yang menarik dari Opera Mini 4 ini yaitu disertakannya virtual mouse saat Anda browsing. Untuk menggerakkan mouse ini dapat digunakan joystik pada ponsel Anda.
5. Untuk scrolling lebih cepat dapat menggunakan keypad. Tekan 2 untuk keatas, 4 kekiri, 6 kekanan dan 8 kebawah. Sedangkan untuk zoom bisa dengan menekan 5.
6. Browsing dengan lebih cepat dan murah.
7. Bisa ‘fit to width’. Halaman web dapat sesuai dengan lebar ponsel Anda sehingga tidak perlu scroll kekanan/kiri
8. Mempunyai fitur ‘context menu’ dengen menekan 1.
9. Support CSS
10. It’s just the beta, More crazy stuff will arrive shortly.

Untuk mendownload silahkan ketik http://mini.opera.com/beta dari browser ponsel Anda. Atau bisa download disini. Ukurannya 91kb.
Saya mencoba Opera Mini 4 Beta untuk membuka Friendster dengan opsi gambar dimatikan. Ternyata cukup cepat, hanya sekitar beberapa detik Friendster langsung terbuka. Tampilannya pun hampir sama apabila Anda membuka dengan browser di PC. Dengan opsi gambar dimatikan akan menyedot data kurang lebih sekitar 17kb dan apabila gambar dinyalakan akan mempergunakan data sekitar kurang lebih 35kb.
Kemudian saya coba untuk membuka gmail dengan opsi gambar dimatikan. Hasilnyapun memuaskan, bisa membuka dengan cepat. Untuk membuka www.gmail.com kemudian login dan masuk halaman depan gmail membutuhkan data sekitar 11kb.
Untuk membuka www.detik.com yang websitenya menggunakan framepun dapat dilakukan oleh Opera Mini 4 Beta ini. Data yang dihabiskan untuk membuka detik.com adalah 26kb dengan opsi gambar dimatikan.
Yang lucunya adalah apabila untuk membuka wapsite justru tampilannya agak aneh yaitu hurufnya menjadi besar, tidak nyaman dipergunakan. (atau mungkin karena layar ponsel saya yang kecil hehe )

Untuk bisa mempergunakan Opera mini ini pada awalnya sedikit menyedot pulsa kerena pada halaman ‘Accept Agreement’ saja ukurannya mencapai 27kb. Cukup besar dibandingkan pada opera sebelumnya yang hanya sekitar 4kb.
Sedangkan untuk berselancar aplikasi java ini dalam menyedot pulsa adalah relatif. Kadang lebih murah daripada Opera 3.1 kadang lebih mahal. Setiap kelebihan pasti ada kekurangan. Atau mungkin diluar negeri murah ya gprsnya sehingga tidak usah ngitung2 pulsa lagi.hehe

No comments: